IPM SMK Muhammadiyah Purwodadi adakan Sholat Khusuf

Awal tahun 2018 ini tepatnya, 31 Januari 2018 kita bisa menyaksikan salah satu kejadian alam yang langka, yaitu Lunar Eclips, Bloodmoon dan Supermoon terjadi dalam satu waktu. Dan kejadian yang seperti ini hanya terjadi dalam kisaran waktu setiap 150 tahun sekali.

Menyikapi terjadinya Lunar eclips alias Gerhana Bulan kali ini, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR-IPM) SMK Muhammadiyah Purwodadi mengadakan Sholat Khusuf yang diselenggarakan di Masjid Ar Rohmah – Komplek Pendidikan Muhammadiyah Purwodadi.

Selain sebagai wujud ta’at kepada Allah SWT dan Rasul Nya SAW, pelaksanaan Sholat Khusuf ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi, yang ingin menjadi Sekolah Muhammadiyah terbaik ini, khususnya tentang pelaksanaan Sholat Khusuf atau Sholat Gerhana Bulan.

Rangkaian Pelaksanaan Sholat Khusuf kali ini dimulai dengan Kajian Ke-Islaman yang diisi oleh Ustadz Haris Al Hafidz pada sore harinya. Sementara Jamaah Sholat Khusuf dilaksanakan setelah sholat ‘Isya, tepatnya pada pukul 19.50 dan selesai pukul 19.20 wib. Adapun yang bertindak sebagai Imam dan Khotib adalah Ustadz Fahmi, yang juga merupakan guru Tahfidz SD Bilingual Muhammadiyah Purwodadi dan Pengasuh Panti Asuhan Yatim ‘Aisyiyah Purwodadi.

Pelaksanaan Sholat Khusuf pada kali ini diikuti hampir 200 peserta yang memenuhi ruangan utama Masjid Ar Rohmah. Peserta Sholat Khusuf terdiri dari guru karyawan dan siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi, Pimpinan PD-IPM Grobogan, kader dan simpatisan Muhammadiyah, serta masyarakat umum yang ada di sekitar Masjid Ar Rohmah. Dari pelaksanaan Sholat Khusuf ini diperoleh infaq dari jamaah sebesar Rp. 700.000,- (tujuh Ratus Ribu Rupiah) dan bantuan dana dari takmir Masjid Ar Rohmah sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *