Guru SMK Muhammadiyah Purwodadi Menyiapkan Pembelajaran Abad 21 STEM

Bapak dan Ibu Guru (Fisika, Kimia, Matematika dan Produktif) SMK Muhammadiyah Purwodadi mengikuti Diklat Pengembangan Pembelajaran Berbasis STEM, 4 s.d 9 November 2018 di Pusat Belajar SMKN 1 Purwodadi. Apa yang mereka bahas?

Faktual Abad 21
Abad ke 21 sudah berjalan hampir dua dekade ini, mempunyai ciri menarik yang harus dipahami. Ciri ini bisa dilihat dari 3 hal. Pertama, Informasi yang tersedia dimana saja dan kapan saja. Kedua, meningkatnya komputasi dan otomasi sehingga mayoritas pekerjaan rutin lebih cepat menggunakan mesin. Ketiga, komunikasi dapat dilakukan dari mana saja dan kemana saja. Betul begitu bukan?

 

Guru SMK Muhammadiyah Purwodadi Mengikuti Pelatihan Pembelajaran STEM

Guru SMK Muhammadiyah Purwodadi Mengikuti Pelatihan Pembelajaran STEM

 Keterampilan Abad 21
Mempersiapkan keterampilan siswa dan siswi SMK menghadapi faktual abad 21 adalah keharusan. Keterampilan tersebut adalah cara berpikir kritis, kreatif, mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan serta bekerja sama melalui kolaborasi dan komunikasi. Mereka (siswa dan siswi) tak lagi diharapkan hanya bisa menghitung luas persegi panjang, tapi lebih dari itu. Misalnya mampu menghitung jumlah keramik yang dibutuhkan untuk sebuah gedung yang berbentuk persegi panjang, bahkan sampai menentukan jumlah biaya untuk membeli keramik yang dibutuhkan. Artinya, ilmu yang diajarkan di sekolah tidak menjadi penghias buku catatan saja, tapi mampu diaplikasikan dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari.

STEM Menguatkan Kurikulum 2013
Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodir pembelajaran abad 21 tersebut adalah pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). STEM merupakan suatu pendekatan dimana Sains, Teknologi, Enjiniring dan Matematika diintegrasikan dengan fokus pada proses pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan nyata, pembelajaran STEM memperlihatkan kepada peserta didik bagaimana konsep-konsep, prinsip-prinsip sains, teknologi, enjiniring dan matematika digunakan secara terintegrasi untuk mengembangkan produk, proses dan sistem yang memberikan manfaat untuk kehidupan manusia.

SMK Muhammadiyah Purwodadi Grobogan 2018