Pak Hasim dapat hadiah dari wali murid. Serius?

Pak Hasim dapat hadiah dari wali murid? Serius, kok bisa? Begini ceritanya, setelah membagikan raport siswa kelas X TKJ 2 (Teknik Komputer dan Jaringan) kepada orang tua dan wali murid, Pak Hasim mendapatkan hadiah dari salah satu wali murid, wali murid tersebut berucap, “Terimakasih Pak Hasim, anak saya sudah diperhatikan. Ini kenang-kenangan buat Bapak”.  Masih penasaran, kok bisa dapat hadiah. Apa ya yang sudah dilakukan Pak Hasyim?

Bagaimana Bapak menjadi orang tua di sekolah?
Anak-anak suka kok kalau diajak ngobrol. Mereka merasa nyaman, bercerita juga tanpa tekanan, kalau ada masalah yang mengganggu belajar mereka, seringnya mereka keceplosan sendiri. Hehe. Intinya ngobrol, menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak.

Selain membuat nyaman, apalagi yang Bapak lakukan?
Selain menciptakan kondisi nyaman, anak-anak juga saya ajak untuk latihan berdisiplin di kelas, seperti kehadiran di kelas dan menggunakan smartphone seperlunya. Kalau mereka ada yang tidak masuk sekolah, hanya orang tua yang boleh memintakan izin. Minimal telephone, dan saya tidak menerima izin dalam wujud kertas. Kalau untuk smartphone, di kelas sudah saya sediakan tempat khusus untuk menaruh smartphone. Saat jam pelajaran, HP harus dikumpulkan, boleh menggunakan HP jika guru mapel mengizinkan untuk mendukung proses belajar mereka.

Apa jurus ampuh untuk anak yang nakal?
Tidak ada anak yang nakal, mas. Hanya mereka tidak mau disalahkan. Karena mereka menganggap yang dilakukan adalah sebuah kewajaran yang harus dimengerti oleh orang lain. Yang pertama saya lakukan adalah memanggil anak tersebut, diajak ngobrol lagi. Selanjutnya saya telfon orang tuanya, karena orang tua juga perlu tahu apa yang dialami anak-anaknya di sekolah. Saya punya komplit seluruh nomer telepon orang tua anak perwalian saya. Jadi, komunikasi menjadi sangat mudah, dan anak terayomi, orang tuapun diikutkan dalam mendidik anaknya. Semua ini agar anak-anak menjadi pribadi yang baik.

Allahummaj ‘alni muqimmassholah, wa min dzurriyyati. Yaa Allah, jadikan aku orang yang sungguh-sungguh mendirikan sholat, dan jadikan anak cucuku orang yang sungguh-sungguh mendirikan sholat.

SMK Muhammadiyah Purwodadi Grobogan 2018