Prakerin : Kami bukan yang dulu

Nggak Nyaman Banget
Awalnya, kami merasa nggak nyaman di tempat prakerin. Masuk di hari pertama, belum ngapa-ngapain, telingaku udah dapetin warning (peringatan) bertubi-tubi. Jangan main HP terus lah, jangan nunggu diperintah lah. Nggak ada senyum ramah sama sekali, malah seringnya dapet muka nggak simetris alias muka sinis dari karyawan sini. Kami pernah punya dosa apa di tempat ini? Mereka yang udah kenal kami lama, atau kami yang amnesia kalau pernah prakerin di tempat ini. Sungguh, ini tempat prakerin aneh dan menyebalkan.

Lagi-lagi karena terpaksa
Aku dan teman-temanku dipaksa menikmati kenyataan ini. Apa sih salahku, apa sih salah teman-temanku, kami anak baru disini, tapi mereka udah kayak gini memperlakukan kami. Hati dan fikir kami keracunan dengan kelakuan mereka. Kami pulang jam 2, ada dari mereka yang bilang nggak adil. Dia bilang anak-anak prakerin juga harus sama pulangnya, jam 16.00. Nyebelin banget kan, di sekolah aja pulangnya jam 13.30. Rasanya ingin keluar, kabur dari sini. Ah! Tapi kami ini siapa, kami tak punya daya untuk sekedar kabur dari tempat ini. Kami hanya bisa menerima semuanya, dan berjuang dengan prinsip-prinsip yang kami dapatkan dari bapak dan ibu guru kami di sekolah. Kami memilih menyapa sebelum disapa, kami menawarkan bantuan sebelum diminta, kami datang sebelum pintu dibuka, kami tak istirahat sebelum diperbolehkan istirahat, kami memilih baca al quran saat tidak ada pekerjaan. Hanya itu yang menguatkan kami untuk tetap prakerin di tempat aneh dan menyebalkan ini.

Seminggu kemudian..
Seorang karyawan mendekat kepada kami, ia berucap dan tersenyum, “Dek, kalian nggak seperti kakak kelas kalian tahun lalu. Beda banget pokoknya” Duh syahdunya hari ini.. rasanya kaget campur adem banget hati kami, kemarau setahun hilang panas dengan hujan sehari. Alhamdulillah, sejak itu, kami makin akrab sama bapak dan ibu karyawan disana. Kami sering diajak jalan jalan terus. Hampir setiap jumat, kami diajak survei perbaikan jalan, terus makan-makan deh. Di bulan Desember 2018, 10 bulan kemudian setelah kami prakerin, kami diajak piknik kantor, Alhamdulillah. Terus tahun ini, rencananya kami juga diajak lagi. Bahagianya hidup ini.

Buat Adik-Adikku
Adik-adikku di SMK Muhammadiyah Purwodadi, nggak usah kaget dengan suasana di tempat prakerinmu nanti ya.. Jadilah jujur, disiplin waktu, ramah, senyum sapa, salam, pokoknya yang baik-baik aja deh. Insyaallah kemudahan akan kalian dapatkan. Semoga ilmunya bermanfaat. Dari kakakmu, Wiji Reny XII AK.

SMK Muhammadiyah Purwodadi Grobogan 2018