SMK Muhammadiyah Purwodadi gelar Achievement Motivation Training 2019

SMK Muhammadiyah Purwodadi menyelenggarakan Achievement Motivation Training (AMT) dalam rangka peningkatan dan penguatan karakter siswa pada tanggal 21 Desember 2019 di Aula SMK Muhammadiyah Purwodadi. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa dan siswi yang aktif berorganisasi di Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Muhammadiyah yang diharapkan mampu menjadi jangkar peningkatan dan penguatan karakter siswa dan siswi SMK Muhammadiyah Purwodadi. Mari simak kilas materi kegiatan yang disampaikan oleh Pak Ahmadi, S.Pd. (narasumber) dalam kegiatan tersebut.

Udah ngomong serius, tapi..
Coba bagaimana rasanya jika kita udah capek-capek ngomong, tapi orang lain nggak ndengerin. Coba bagaimana rasanya jika kita ngajakin ngomong seseorang, tapi orang itu lebih sibuk ngomong sama orang lain. Coba bagaimana rasanya jika kita ngomong, dan orang yang kita ajak ngomong dengan suka cita mendengarkan kita, merespon kita. Tentu tiga kondisi tersebut berbeda. Maka, bahagia dalam mendengarkan ucapan orang lain adalah karakter yang baik dan perlu dimiliki oleh siapapun dalam berkomunikasi. Dari kemampuan mendengarkan itu pula, akan tampak perwujudan sikap simpati, empati dan toleransi yang dipertontonkan sebagai perwujudan akhlak.

Cukup DENGAR aJA
Lantas bagaimana berkomunikasi yang baik? Jawabnya sederhana saja, cukup dengan DENGAR aJA. D (Dedikasi) yaitu mendedikasikan waktu untuk mendengarkan (tidak sambil mengerjakan aktivitas lain); E (Ekspresikan) memberikan respon terhadap cerita yang disampaikan; N(Netralkan) yaitu netralkan posisi tidak memihak sisi cerita manapun; G (Gangguan Dihilangkan) yaitu fokus pada percakapan tidak terganggu suasana sekitar; A(Amati) yaitu amati isi pembicaraan, menyimak pembicara berusaha memahami maksud yang disampaikan; R (Respon) yaitu merespon pembicaraan; JA (Jangan Memotong) yaitu mendengarkan lebih dahulu sampai orang lain selesai bicara.

Yuk diolah !
Ada 4 hal yang setidaknya perlu diolah untuk meningkatkan dan menguatkan karakter yang karimah (mulia), yaitu olah hati (etika), olah pikir (literasi), olah karsa(estetika), dan olah raga (kinestetika). Keempatnya saling menopang untuk menyemaikan dan menyuburkan nilai nilai karakter yang karimah.

Teman-teman, kilas kegiatan ini tak cukup untuk menyampaikan seluruh isi kegiatan. Ingin lebih lengkap, mari datang ke SMK Muhammadiyah Purwodadi. Keep learn and curious!

Media Sosial

Hubungi Kami

  • Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 1,
    Desa Kalongan, Kecamatan Purwodadi,
    Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

  • (0292) 423122

  • smkmuhpwdd@gmail.com 

SMK Muhammadiyah Purwodadi © 2019