Yakin jadi Youtuber? Baca dulu pengalaman Wisnu ya gaes.

Wisnu adalah salah satu contoh siswa yang konsisten dengan cita-citanya. Berjuang untuk mandiri. Dia sekarang duduk di kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah Purwodadi.

Tahu YouTube dari siapa Mas?
Berawal dari keinginan saya mendapatkan penghasilan di usia muda, saya coba cari tahu hingga pada akhir 2015, saya bertemu dengan calon dokter. Dia satu kos sama saya. Sudah memulai youtube sejak 2009 tapi tidak terlalu serius mendalaminya, maklum karena dia calon dokter. Saya bertanya segala hal tentang youtube kepadanya sembari mencari tahu di google.

Apa menariknya Youtube?
Yang membuat saya tertarik adalah creator di youtube masih sedikit dan peluang mendapatkan penghasilan cukup besar serta saya ingin dikenal banyak orang. Hehe. Untuk mencapainya, saya belajar bagaimana editing video, membuat video kita menarik dilihat, belajar edit foto dan sebagainya. Setelah itu saya membuat akun youtube dan mengupload video iseng yang saya dapat dari channel youtube lain dengan sedikit editing.  Saya mencari thumbnail yang pas lalu saya upload. Itu video pertama yang saya upload di youtube. Lalu saya buat akun youtube resmi saya yang konten awalnya video game, saya share ke facebook, google+, dan banyak platfrom lain tapi hasilnya video saya masih sedikit yang menonton. Sempat putus asa upload video.

Terus, berhenti?
Tidak. Saya tetap lanjut. Sampai suatu saat, ada saudara yang memberitahu bahwa di akun yang saya iseng upload,  viewnya sudah mencapai 1000 kali ditonton tanpa saya share. Setiap hari saya senang melihat perkembangan channel itu, dan itulah yang membuat saya semangat membuat video lagi. Setelah itu saya beralih ke akun iseng itu dan menjadikan sebagai akun resmi saya, karena di akun itu peluang channel youtube saya berkembang sangat besar dan salah satu videonya tembus 50 juta view.


Alhamdulillah. Terus dapatnya apa mas?
Setelah 2 tahun saya di youtube saya mendapatkan 98 ribu subscriber,itu mungkin angka yang kecil untuk sekarang ini,tapi di akhir tahun 2017 itu adalah angka yang besar bagi saya. Saya mendapat penghasilan dari youtube berkisar 1-2 jt perbulan, hasil yang sangat besar bagi saya yang masih duduk di bangku smp.

Apa petuahmu untuk kami, Suhu?
Saran saya untuk teman-teman yang mau memulai youtube, berkaryalah sesuai karakter kalian masing-masing, jangan menjadi orang lain, perbanyak belajar/ lihat cara editing di youtube, pelajari algoritma youtube, perbanyak teman untuk lebih memudahkan share video. Buat youtube sebagai hobi terlebih dahulu, jangan selalu memikirkan penghasilannya, selalu rutin upload, jangan takut dihujat, dihina, direndahkan. Percayalah bahwa banyak orang yang respect sama kita. Dan pelajari aturan-aturan yang ada di youtube, karena youtube sekarang ini tidak seperti dulu. Aturan untuk mendapatkan penghasilan sedikit susah. Banyak aturan yang akan membuat kualitas video kalian meningkat. Tanya ke orang yang lebih tau jika ingin lebih mudah, dan tetap semangat.

Media Sosial

Hubungi Kami

  • Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 1,
    Desa Kalongan, Kecamatan Purwodadi,
    Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

  • (0292) 423122

  • smkmuhpwdd@gmail.com 

SMK Muhammadiyah Purwodadi © 2019