Fasilitas Pendidikan

Pendahuluan

Untuk menjaga kualitas pendidikan, SMK Muhammadiyah Purwodadi menyediakan fasilitas pendidikan yang mudah diakses oleh seluruh civitas akademika. Peningkatan kuantitas dan kualitas terus dilakukan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Standar fasilitas disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, ruang kerja, tempat bermain, tempat berkreasi serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Pusat Sumber Belajar (Perpustakaan)

Pusat Sumber Belajar (PSB) memiliki lebih dari 100 judul buku dengan banyak buku sejumlah 1000 eksemplar, dan jumlah itu akan terus bertambah disesuaikan dengan kebutuhan dan minat baca buku siswa.  Selain menyediakan referensi dalam bentuk buku, PSB turut menyediakan koleksi majalah, surat kabar, dan buku bacaan lainnya.

Fasilitas Kokurikuler

Terdapat berbagai kegiatan siswa yang terdiri dari organisasi intra dan ekstrakurikuler. Siswa dapat mengembangkan minat, bakat, serta kemampuannya baik dalam bidang wirausaha atau bisnis, bidang ilmiah akademik, olah raga dan seni, maupun dalam kemampuan berdakwah.  Setiap organisasi disediakan ruangan sebagai kantor di Gedung SMK Muhammadiyah Purwodadi.  Organisasi-organisasi tersebut adalah

  1. Ikatan Pelajar Muhammadiyah, sebagai satu-satunya organisasi pelajar di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah;
  2. Hizbul Wathan, sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Lembaga Pendidikan
    Muhammadiyah;
  3. Tapak Suci Putera Muhammadiyah, sebagai satu-satunya organisasi seni bela diri di Lembaga
    Pendidikan Muhammadiyah

Fasilitas Kesehatan

SMK Muhammadiyah Purwodadi menjalin kerjasama dengan Puskesmas Purwodadi dalam memberikan layanan kesehatan kepada siswa secara gratis.

Masjid dan Pembinaan Spiritual

SMK Muhammadiyah Purwodadi memiliki masjid di lingkungan sekolah, sebagai komitmen moral untuk membina ruh keislaman pada seluruh civitas akademika. Kegiatan-kegiatan pembinaan mental keruhanian yang dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Seruan dan himbauan untuk menunaikan ibadah wajib dan sunnah
  2. Pengajian rutin guru dan karyawan SMK Muhammadiyah Purwodadi setiap tanggal 5 masehi.
  3. Kajian IPM selasa siang
  4. Ramadhan di Sekolah (RDS)
  5. Malam Bina Iman dan Taqwa
  6. Pembimbingan Tahfidzul Quran

Fasilitas Internet 

Siswa dapat melakukan akses internet di semua area kampus.

Fasilitas Beasiswa

SMK Muhammadiyah Purwodadi menyediakan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi, peringkat 1 pararel di Program Keahliannya, serta atlet berprestasi.

SMK Muhammadiyah Purwodadi Grobogan 2018