SMK Muhi Purwodadi Sukseskan Simulasi ANBK 2022/2023

SMK Muhammadiyah Purwodadi – Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, simulasi pertama ANBK 2022 jenjang SMK akan berlangsung pada Senin, 1-4 Agustus 2022, sedangkan untuk simulasi ke dua akan dijadwalkan pada pekan depan tanggal 8-9 Agustus 2022.

Simulasi adalah metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Latihan ini sangat berguna bagi para peserta ANBK 2022 dalam menjawab semua pertanyaan yang diujikan dalam tes.

Bentuk soal ANBK 2022 sama seperti tahun sebelumnya terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Meski ANBK bukan menjadi faktor utama penentu kelulusan siswa SD hingga SMK, tetapi tes ini harus dilaksanakan dengan sangat serius. ANBK akan difungsikan sebagai evaluasi mutu pendidikan siswa di seluruh Indonesia oleh Kemdikbud.

Asyik dan Menyenangkan

SMKMUHIPUR – Asyik dan menyenangkan, itu kesan yang di lontarkan siswa dan siswi kelas 10 TJKT SMK Muhammadiyah Purwodadi setelah melakukan pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) di site IOH 111272 Protelindo Simpang Lima Purwodadi.

Sebanyak 100 siswa dan siswi SMK Muhammadiyah Purwodadi telah melaksanakan Outdoor Study di Site H3I Purwodadi selama 3 hari, tanggal 1-3 Agustus 2022. Sebagai guru pendamping, Bapak Akhmad Avif menuturkan “kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk mengenalkan siswa dan siswi tentang Dasar Telekomunikasi dengan melihat langsung ke site IOH 111272 Protelindo Simpang Lima Purwodadi mengenai hardware yang terpasang dan bagaimana proses telekomunikasi”

Di dampingi oleh Bapak Yoga dan Bapak Avik sebagai pendamping PIC, siswa siswi SMK Muhammadiyah sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dengan Tertib dan menaati peraturan yang berlaku (SOP) dari PIC.

Do’a awal tahun baru Hijriyah

SMK Muhammadiyah Purwodadi, – Tahun Baru Hijriah adalah momentum untuk hijrah, dari hal buruk menjadi hal baik. Semoga iman kita kepada Allah SWT selalu diberi kedamaian dan keselamatan.

Selamat Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1444 H!

Sosialisasikan Pajak, KP2KP Purwodadi Gelar Tax Goes To School ke SMK Muhammadiyah Purwodadi

PURWODADI GROBOGAN – KP2KP Purwodadi bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah Purwodadi menggelar kegiatan Tax Goes To School (TGTS). Acara ini digelar secara luring di Aula SMK Muhammadiyah Purwodadi, Rabu (27/7/2022).

Pelaksanaan kegiatan TGTS yang digelar tersebut, bertujuan guna menumbuhkan pemahaman serta inklusi kesadaran pajak siswa sekolah sebagai Future Tax Payer.

Tagline yang digunakan dalam kegiatan tersebut pun, yakni “Orang Bijak Taat Pajak” yang tentunya diharapkan akan selalu terpatri di hati para siswa, sehingga nantinya mereka akan tumbuh sebagai Tax Payer yang secara sadar turut membangun bangsa.

Selamat Datang Siswa-Siswi Baru SMK Muhammadiyah Purwodadi

Fortasi 2022/2023

Selamat datang untuk siswa-siswi baru SMK Muhammadiyah Purwodadi Grobogan Tahun ajaran 2022/2023. Tanggal 11 Juli 2022 menjadi langkah awal dimulainya kegiatan tahun pelajaran baru dengan semangat yang semakin menggelora.

Selamat belajar, semangatlah menuntut ilmu dan selalu berprestasi di SMK Muhammadiyah Purwodadi tercinta. Dalam menyongsong semangat inilah sekolah telah membuat kegiatan pengenalan untuk siswa baru kelas X. Kegiatan tersebut ialah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) IPM. Kegiatan ini mengangkat tema “Merdeka Belajar”.

Kegiatan MPLS dan FORTASI diusung sebagai kegiatan tahunan di mana kegiatan ini dijadikan sebagai dasar pengenalan sekolah dan awal pengkaderan IPM, Hizbul Wathan, Tapak Suci teruntuk siswa baru kelas X. MPLS dan FORTASI tahun ini diselenggarakan secara tatap muka bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Purwodadi. Kegiatan MPLS dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 11 Juli 2022 s/d 13 Juli 2022.

Kegiatan Forum Ta’aruf dan Orientasi (FORTASI) dari kakak-kakak Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah Purwodadi. Acara dibuka oleh Kepala SMK Muhammadiyah Purwodadi Bapak Sadiyo, S.Pd, M.Pd dan dilanjutkan dengan pemaparan program sekolah dari Waka Kesiswaan, Waka Humas, Kaprodi TJKT, MPLB, Pemasaran, AKL serta dari guru yang lainnya. Seterusnya acara pengenalan berbagai program IPM oleh kakak kelas.

APA ITU TJKT

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi atau yang biasa disebut TJKT adalah teknik yang mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC.

Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan

Peluang kerja jurusan TJKT, diantaranya menjadi teknisi Komputer, teknisi jaringan dan ada yang buka lapangan kerja sendiri sebagai mekanik komputer, membuka toko komputer sendiri atau membuka warnet.

Kompetensi yang harus dikuasai Peserta Didik :

  1. Kompetensi Merakit, memperbaiki, hingga menginstalasi sistem operasi dan aplikasi pada komputer.
  2. Kompetensi Pengetahuan dasar yang kuat di bidang jaringan komputer.
  3. Kompetendi Pengetahuan dasar Tentang Fiber Optik serta membangun jaringan Fiber Optik.
  4. Kompetensi Membangun jaringan Fttx Fiber Optik.
  5. Kompetensi Mengadministrasi perangkat-perangkat Cisco Switch dan Router Mikkrotik.
  6. Kompetensi Mengadministrasi berbagai layanan server menggunakan sistem operasi Linux Debian atau Ubuntu.
  7. Kompetensi Merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan Troubleshoting instalasi berbagai perangkat jaringan Komputer.
  8. Kompetensi merencanakan dan mengadministrasi perangkat-perangkat yang digunakan dalam mengamankan jaringan komputer.

HARAPAN

  1. Menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang teknologi informasi dan berwatak mulia yang siap berkiprah di tataran global.
  2. Menghasilkan artefak teknologi informasi yang berimpak pada kemaslahatan umat manusia.

JUARA 2 POPDA Kabupaten Grobogan

Purwodadi, Popda SMA/SMK se kabupaten Grobogan tanggal 16-18 Desember 2021 di GOR Bung Karno Purwodadi Grobogan. Tim bola voly SMK Muhammadiyah Purwodadi berhasil meraih juara 2 dalam event tahunan tersebut. Meskipun belum mampu menjuarai kegiatan tersebut, setidaknya prestasi yang sudah di raih saat ini sudah meningkat dibanding tahub sebelumnya. “Meskipun belum bisa jadi juara, saya bangga dengan hasil yang sudah diraih saat ini, saya sangat meng apresiasi usaha dan kerja keras Tim beserta jajaran pelatih. Semoga tahun depan bisa menjadi juara 1”. Ungkap bapak Sadiyo S. Pd M. Pd selaku kepala sekolah

OLYMPICAD Ke-7, Tari dan Musikalisasi Puisi

Purwodadi, SMK Muhamamdiyah Purwodadi mengirimkan dua wakil dalam ajang Olympiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) bagi siswa sekolah Muhammadiyah se-Indonesia ke-7 yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW) Muhammadiyah Provinsi Jateng.

Mata Lomba yang di ikuti yaitu

1. Lomba Seni Tari yang di ikuti oleh

– Putri bela

– Selvia Agustin

– Widia Mulyani

2. Lomba Musikalisasi Puisi yang diikuti oleh :

– Vitta Cahya Ramadani XII OTKP 2

– Ridwan wahyu saputro X TKJ 3

– Yoga cakra nanggala mukti X TKJ 3

JUARA 3, KEJURNAS VOLI U-17

Eka Wulan Priharum, siswi 12 AKL SMK Muhammadiyah Purwodadi yang tergabung dalam Tim Voli Putri Mitra Purwodadi Kabupaten Grobogan berhasil menjadi juara 3 (tiga) dalam Kejurnas U-17 di Sidoarjo. Jawa Timur

Kejurnas Bola Voli Indoor Antar Club U17 diselenggarakan oleh Pusat Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI) berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur, 6 hingga 12 Desember 2021. Kejuaraan kali ini diikuti oleh 54 klub bola voli di Indonesia.

Mitra Grobogan berhasil menyabet juara 3 Kejurnas U-17 setelah mengalahkan Tectona Bandung

MITRA GROBOGAN vs TECTONA

1. 23 – 25

2. 25 – 23

3. 25 – 15

4. 21 – 25

5.15 – 13

( 3 – 2 )

Berikut line up kedua pemain di Kejurnas Bola Voli Antar Klub U-17 2021 :

Line up MITRA GROBOGAN:

• LATITA UMA MAHARDIKA 162 cm

• INDRIYANI RAHAYU 163 cm

• DEWI ERMA ERVIANA 165 cm

• ANI MUGHNYANTI 160 cm

• ALFANNY REGITTA CAHYA RAYHAN 165 cm

• EKA WULAN PRIHARUM 170 cm

• IKA NOVIANA PUTRI 175 cm

• AYUSHITA MAAL ZAHRA KUNTORO 168 cm

• RAQUELLA ZIVANA ARRAZZAQU 168 cm

• TRI WIDIYANTI 165 cm

• KEYSYA MAULANI ASHARA 150 cm

• MAULINDA ROSITA DEWI 175 cm

• RAYHAN HAFIZHA PUTRI SANTOSO 165 cm

• LUKLUK AUFA MAFLAHA 165 cm

Line Up Tectona Bandung:

• Ola Yosephin 8. 176 cm

• Epsilonita Rizki 6. 164 cm

• Meyta Azhar 7. 168 cm

• Nasywa Deslianti 11. 178 cm

• Salsabila Maharani 5. 168 cm

• Gera Rafania 13. 170 cm

• Pascalina Mahuse 10. 178 cm

• Rossalinda 14. 162 cm

• Tiara Meilita 1. 164 cm

• Zahra Raisha 12. 176 cm

• Deby Oktaviani 9. 177 cm

• Amelia Kurnia 4. 177 cm

• Tiara Desvarly Z 2. 170 cm

• Andriani Saputri 3. 165 cm